Nama : Livia Mega
Rahmayanti
NPM : 54216082
Kelas : 2DF02
Penjelasan :
1.
Membangun Kesan Pertama
Ketika bertemu dengan
seseorang yang baru, secara tidak sadar pikiran Anda maupun lawan bicara Anda
akan menyusun sekian banyak asumsi dan persepsi tentang lawan bicaranya. Oleh
karena itu, sangat penting untuk membuat kesan atau impresi yang baik. Berhasil
dalam membangun kesan pertama yang baik akan memudahkan Anda dalam tahap
networking berikutnya. Sebaliknya, jika asumsi dan persepsi yang dibuat lawan
bicara kurang baik maka dalam menjalankan tahap berikutnya Anda akan mengalami
kesulitan.
Berikut adalah hal yang menentukan kesan pertama yang Anda ciptakan :
Berikut adalah hal yang menentukan kesan pertama yang Anda ciptakan :
·
Pakaian yang
Anda kenakan dan tampilan Anda
·
Cara Anda
berjabat tangan
·
Cara Anda
memperkenalkan diri
·
Bagaimana Anda
bertukar kartu nama
Hal
tersebut terkesan sederhana, akan tetapi ad acara dan etika melakukannya dengan
tepat. Salah melakukannya bisa membuat kesan pertama yang Anda timbulkan kurang
baik.
2.
Menentukan Tujuan dan visi misi
Dalam bisnis apapun, penting bagi Anda
dan mitra bisnis Anda untuk menentukan visi dan misi usaha sebagai langkah
pertama. Jika semua pikiran tidak mengarah ke arah yang sama dengan cara yang
sama, masalah pasti akan timbul. Motif untuk masing-masing pasangan bisa
berbeda, namun tujuan keseluruhan dan metode tentunya harus sama.
3.
Siapkan profil
Siapkan beberapa materi tentang Anda. gali latar belakang Anda buat menjadi sebuah cerita tentanga Anda (atau organisasi Anda). temukan hal-hal menarik. Orang biasanya menyukai cerita. Hal ini cukup menarik ketika Anda mulai menceritakan “Anda itu siapa”.
Siapkan beberapa materi tentang Anda. gali latar belakang Anda buat menjadi sebuah cerita tentanga Anda (atau organisasi Anda). temukan hal-hal menarik. Orang biasanya menyukai cerita. Hal ini cukup menarik ketika Anda mulai menceritakan “Anda itu siapa”.
4.
Buat kesan positif
“Kesan pertama begitu menggoda, selanjutnya terserah Anda” begitu kiranya sebuah tagline sebuah brand terkenal. Kesan pertama memang sangat penting. Banyak orang tidak punya banyak waktu.
“Kesan pertama begitu menggoda, selanjutnya terserah Anda” begitu kiranya sebuah tagline sebuah brand terkenal. Kesan pertama memang sangat penting. Banyak orang tidak punya banyak waktu.
5.
Fokus pada kualitas bukan kuantitas
Anda boleh membuat sebanyak mungkin jaringan kerjasama.
Anda boleh membuat sebanyak mungkin jaringan kerjasama.
6.
Hargai pendapat dan kebiasaan mereka
Setiap orang (atau organisasi) mempunyai
kebiasaan dan budaya sendiri. Hargai pendapat atau kebiasaan mereka.
7.
Tunjukan antusiasme
Tunjukan bahwa anda sangat senang bisa
mengenal orang atau organisasi tersebut. Lakukan dengan tulus.
8.
Tawarkan bantuan
Jangan ragu untuk menawarkan bantuan. Jika Anda
memang merasa sanggup untuk membantu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar