Pages

TUGAS SOFTSKILL KEWIRAUSAHAAN : 5

Minggu, 19 November 2017

Nama : Livia Mega Rahmayanti
NPM : 54216082

Kelas : 2DF02

Penjelasan :
1.      Membangun Kesan Pertama
Ketika bertemu dengan seseorang yang baru, secara tidak sadar pikiran Anda maupun lawan bicara Anda akan menyusun sekian banyak asumsi dan persepsi tentang lawan bicaranya. Oleh karena itu, sangat penting untuk membuat kesan atau impresi yang baik. Berhasil dalam membangun kesan pertama yang baik akan memudahkan Anda dalam tahap networking berikutnya. Sebaliknya, jika asumsi dan persepsi yang dibuat lawan bicara kurang baik maka dalam menjalankan tahap berikutnya Anda akan mengalami kesulitan.
Berikut adalah hal yang menentukan kesan pertama yang Anda ciptakan :
·         Pakaian yang Anda kenakan dan tampilan Anda
·         Cara Anda berjabat tangan
·         Cara Anda memperkenalkan diri
·         Bagaimana Anda bertukar kartu nama
Hal tersebut terkesan sederhana, akan tetapi ad acara dan etika melakukannya dengan tepat. Salah melakukannya bisa membuat kesan pertama yang Anda timbulkan kurang baik.

2.      Menentukan Tujuan dan visi misi
Dalam bisnis apapun, penting bagi Anda dan mitra bisnis Anda untuk menentukan visi dan misi usaha sebagai langkah pertama. Jika semua pikiran tidak mengarah ke arah yang sama dengan cara yang sama, masalah pasti akan timbul. Motif untuk masing-masing pasangan bisa berbeda, namun tujuan keseluruhan dan metode tentunya harus sama.

3.      Siapkan profil
Siapkan beberapa materi tentang Anda. gali latar belakang Anda buat menjadi sebuah cerita tentanga Anda (atau organisasi Anda). temukan hal-hal menarik. Orang biasanya menyukai cerita. Hal ini cukup menarik ketika Anda mulai menceritakan “Anda itu siapa”.

4.      Buat kesan positif
“Kesan pertama begitu menggoda, selanjutnya terserah Anda” begitu kiranya sebuah tagline sebuah brand terkenal. Kesan pertama memang sangat penting. Banyak orang tidak punya banyak waktu.

5.      Fokus pada kualitas bukan kuantitas
Anda boleh membuat sebanyak mungkin jaringan kerjasama.

6.      Hargai pendapat dan kebiasaan mereka
Setiap orang (atau organisasi) mempunyai kebiasaan dan budaya sendiri. Hargai pendapat atau kebiasaan mereka.

7.      Tunjukan antusiasme
Tunjukan bahwa anda sangat senang bisa mengenal orang atau organisasi tersebut. Lakukan dengan tulus.

8.      Tawarkan bantuan
Jangan ragu untuk menawarkan bantuan. Jika Anda memang merasa sanggup untuk membantu.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS